Kamis, 16 Oktober 2008

Citra Pariwara 2008

Sore hingga malam kemarin (22/09), lebih dari seratus praktisi periklanan di Jakarta menghadiri Sosialisasi CP 2008 sekaligus peluncuran resmi festival periklanan yang diselenggarakan oleh PPPI ini, di Soho Music Cafe, Senayan City. Pemilihan lokasi sosialisasi itu memang disengaja untuk mulai memberi “aroma Sensi”. Sebab, CP 2008 memang bakal diselenggarakan di Senayan City pada 12-16 November mendatang. Tidak sekadar numpang tempat, pameran iklan-iklan peserta CP 2008 nanti juga bakal digelar di ruang terbuka di lantai dasar sehingga bisa dinikmati sampai akhir pekan (dua hari setelah Malam Anugerah berakhir) oleh semua pengunjung salah satu mal paling ramai di Jakarta itu.
Itu artinya, festival periklanan terbesar dan terpenting di Indonesia ini sudah di depan mata. Siapkan materi-materi iklan terbaik Anda buat didaftarkan mengikuti lomba. Tentu jangan lupa, kosongkan agenda Anda pada hari-hari itu agar bisa mengikuti seluruh rangkaian acara CP 2008: seminar internasional, pameran iklan peserta, pameran industri penunjang periklanan, dan Malam Anugerah.

Setelah dibuka dengan sambutan Narga S. Habib, Ketua Umum PPPI, yang singkat dan to the point seperti biasa, Ketua Panitia Ricky Pesik dan Koordinator Penjurian FX Ridwan Handoyo kemudian menjelaskan sejumlah hal baru di CP 2008, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di samping pemilihan tempat penyelenggaraan yang baru, dua hal baru lain yang penting diketahui adalah sistem registrasi online dan penyeragaman mounting board materi iklan peserta.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, dalam CP 2008 mulai diperkenalkan sistem pendaftaran karya peserta secara online melalui jaringan internet. Apa dan bagaimana aplikasi teknologi canggih ini bakal memudahkan peserta akan diuraikan dalam posting tersendiri.
Adapun soal penyeragaman mounting board, seperti dijelaskan Ricky Pesik, dimaksudkan untuk membuat pameran karya iklan peserta di lokasi mewah dan berkelas itu nanti bisa terlihat rapi, bersih, dan enak dipandang. Mounting foamboard berwarna putih ukuran A2 tersebut akan diberikan secara gratis kepada semua peserta. Konsekuensinya, iklan yang ukurannya lebih besar dari bidang tempel pada mounting foamboard itu mesti dikecilkan. Sebaliknya, iklan yang lebih kecil dari itu boleh diperbesar sampai batas maksimal yang ditentukan.

Ridwan Handoyo juga menjelaskan sejumlah perubahan yang dilakukan dalam pengategorian entri peserta. Selain penyederhanaan kategori, tahun ini juga diperkenalkan beberapa kategori dan sub kategori baru. Tujuannya, membuka ruang lebih luas bagi lebih banyak bentuk dan ekspresi kreatif untuk mendapat apresiasi yang lebih pantas.
Penjelasan lebih lengkap dan mendetail mengenai segala perubahan dan hal baru tersebut — juga berbagai persyaratan pendaftaran dan garis besar kegiatan CP 2008 — bisa dilihat di Panduan Pendaftaran & Kegiatan dalam format CD (digital) yang dibagikan kepada semua wakil biro iklan yang hadir.

Anda yang tidak bisa datang ke Sosialisasi CP 2008 kemarin tentu juga bisa memperoleh panduan yang pasti sangat dibutuhkan itu. Jika kantor Anda memiliki akses internet berpita lebar, silakan unduh langsung dari blog ini (sekitar 27MB, lihat di sidebar). Atau, Anda bisa meminta kopi CD-nya di Sekretariat Panitia.

Info : http://blog.cp2008.org/