Senin, 26 November 2007

Citra Pariwara 2007

Jakarta, 26 Oktober 2007 – Setahun belakangan ini, setelah sepuluh tahun menunggu, kreatif periklanan Indonesia akhirnya menembus kemenangan di festival kreatif periklanan internasional, melalui kejayaan JWT Indonesia & Draft FCB Indonesia, di dua festival kreatifperiklanan, yaitu Asia Pacific Ad Festival (Pattaya) bulan Maret 2007 dan di Cannes Juni 2007.

Narga Habib, Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) meyakini kreatif periklanan Indonesia telah berada di jalurnya untuk membuktikan peningkatan kualitas kreatifitasnya dalam bersaing dengan negara-negara lain. Dalam pembukaan kegiatan sosialisasi Citra Pariwara, Narga Habib menjelaskan pentingnya keberanian mematok prestasi lebih tinggi, agar nyata dapat diraih. “Cita-cita yang semakin tinggi harus diikhtiarkan, itu sebabnya tema Citra Pariwara 2007 adalah Aim Higher”.

Bertempat di MPX Grande Theater, Pasaraya Parking Building, Jakarta, Panitia Citra Pariwara 2007 melakukan sosialisasi mengenai tata cara dan prosedur mengikuti lomba Citra Pariwara 2007 pada hari Jumat, 26 Oktober 2007. Ketua Panitia Citra Pariwara 2007, Ricky Pesik menjelaskan bahwa festival periklanan Indonesia, tahun ini memfokuskan pengembangan sumber daya manusia kreatif periklanan dengan memfasilitasi hadirnya para pakar periklanan dari berbagai jenis medium periklanan di dunia. Perkembangan berbagai medium periklanan dunia pula akan dibahas dalam kegiatan ini. Hampir seluruh pembicara yang tampil dalam seminar selama festival periklanan 2007 ini
adalah para pemenang award kreatif periklanan dunia. Kegiatan Citra Pariwara yang diawali dengan berbagai seminar ini, dimulai tanggal 28 November hingga 30 November di Upperroom Hotel Nikko Jakarta, dipuncaki Malam Anugerah Citra Pariwara 2007.

Tentang pembagian kategori anugerah penghargaan Citra Pariwara 2007, Ricky Pesik menjelaskan bahwa tidak banyak perubahan yang ditetapkan dari tahun lalu. Beberapa penyempurnaan, hasil pembelajaran festival tahun-tahun yang lewat disampaikan di sini seperti: selain Agency of The Year dan Advertiser of The Year, ada juga penghargaan bagi Production Houseof the Year, sebagai apresiasi kepada mitra bisnis industri periklanan. Kategori Craftmanship juga lebih dipertajam dengan memperbolehkan peserta perorangan seperti Photographer, di luar Production House.

Selain itu dijelaskan juga bahwa seperti tahun-tahun lalu Daun Muda Award (pasangan insan muda periklanan). Pasangan Daun Muda Award ditetapkan usianya lebih lebar hingga 30 tahun di tahun depan saat AP Adfest berlangsung, mengikuti perubahan syarat usia kepesertaan di Young Lotus Award Pattaya. BG (baca: Biji) Award masih berlangsung untuk mahasiswa, dengan mensyaratkan pasangan kreatif periklanan dari satu institusi pendidikan, serta kali ini level pendidikan diluaskan dari Diploma 1 hingga S2. Young Film Director masih diselenggarakan. Hanya saja di tahun ini, bagi seleksi penjurian kategori Young Film Director ditetapkan melalui sebuah tugas (assignment) berupa film iklan pendek sepanjang 60 detik dengan tema “Aim Higher.”

Juri-juri Citra Pariwara 2007 dijelaskan merupakan komposisi juri lokal dan asing, yang merupakan kombinasi antara peraih award kreatif periklanan dan para juri festival periklanan regional (Asia Pacific Ad Fest). Ridwan Handoyo, Koordinator Penjurian Citra Pariwara menjelaskan lebih jauh bahwa Asia Pacific Advertising Festival Pattaya, masih dipakai sebagai referensi bagi para juri untuk mencapai kesepakatan penilaian. Semakin ketatnya penjurian ini, dilakukan sebagai pemacu agar peningkatan kreatifitas periklanan dapat segera mencapai cita-citanya berkiprah di kreatif periklanan dunia dengan lebih baik. Tentunya, tanpa mengabaikan kesesuaian dengan Etika Pariwara Indonesia yang merupakan rambu-rambu penyelenggaraan kegiatan komunikasi dan periklanan di Indonesia, yang diakui. Seperti Citra Pariwara tahun-tahun sebelumnya, sebelum memasuki meja juri, entry-entry Citra Pariwara akan melalui seleksi kepatuhan etika pariwara terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar kepentingan kreatifitas dan kepentingan konsumen periklanan di Indonesia, tetap dapat berjalan seiring.

Narga Habib, pula menambahkan kegiatan Citra Pariwara masih terus mempertahankan diri sebagai anugerah penghargaan kreatif periklanan tertinggi di Indonesia. Harapan PPPI terhadap penyelenggaraan Citra Pariwara 2007, adalah menghasilkan lebih banyak lagi iklan-iklan kreatif yang berjaya di festival regional dan internasional.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
Ricky Pesik – Ketua Citra Pariwara 2007 (08153802980)
Anita Kastubi – Komunikasi dan Humas CP 2007(08159640110)

Sumber : www.pppi.or.id