Kamis, 22 November 2007

hanya sebuah paparan kecil tentang TC 125 Indonesia

hanya sebuah paparan kecil tentang TC 125 Indonesia ..... sebuah klub/komunitas impian saya

Dari hasil survey tersebut sangat disayangkan jika tidak dilakukan evaluasi oleh pengurus TC 125 Indonesia dan dijadikan pelajaran buat klub atau komunitas Thunder lainnya seperti Koster, atau yang lainnya.

Saya mengamati beberapa hal dari hasil survey tersebut.
1. Survey tersebut menempatkan TC 125 Indonesia sebagai klub motor terbaik kedua disegala aspek, masih dibawa Honda Vario Club (HVC) karena yang lain bukanlah klub motor. (saya sedikit mengabaikan HTML-karena menurut saya HTML murni komunitas sedangkan TC125 Indonesia walaupun C=Communitas tetapi lebih ke sebuah Club dibanding Communitas). Tetapi dibanding HVC saya masih melihat lebih baik TC 125 Indonesia - karena dari segi kuantitas TC 125 Indonesia lebih besar.

2. Networking TC 125 Indonesia di seluruh chapter sampai sekarang sangat solid, dan semakin rapih di kepemimpinan Yossie. Adalah merupakan modal yang kuat buat perkembangan TC 125 Indonesia. TC125 Indonesia bagaikan wabah Epidemi, yang menyebar dipenjuru tanah air, bahkan sudah banyak yang antri sekarang untuk pengajuan pendirian Chapter.
Kenapa kesolidan menduduki peringkat 5 di Survey Tersebut ?
aspek kesolidan yang diukur adalah : we-ness (ikatan kebersamaan, ), Ritual(memelihara nilai-nilai) dan Moral(salaing membantu dan menghargai setiap perbedaan). Menurut hemat saya TC 125 Indonesia harus menerima ini dengan lapang dada, dan segera membenahi kekurangan apa yang terjadi, memang TC 125 Indonesia sudah bagus, tapi dengan adanya banchmark diatas, TC125 bisa lebih solid lagi. Belajarlah pada HTML !!!!

3. Menurut survey tersebut TC 125 Indonesia adalah CREATOR (mengindikasikan komunitas konsumen yang sudah solid terbentuk dan memberikan kontribusi arus kas positif ke produsen). Saya setuju hal ini dan terbukti TC 125 Indonesia di urutan ke-3 komunitas yang berpotensi memberikan manfaat buat perusahaan. Walaupun sekarang TC 125 Indonesia berada diurutan ke-8 dalam faktor manfaat bagi perusahaan, tetapi TC 125 Indonesia adalah masa depan Suzuki karena Berpotensi.
Kenapa ? TC 125 Indonesia yang telah tersebar di berbagai kota melalui jaringannya berupa Chapter (23 chapter ? IMHO) merupakan mesin promosi yang sangat efektif buat Perusahaan (Suzuki). Melalui berbagai kegiatannya antara lain turing-turing kepelosok daerah merupakan sarana promosi tidak langsung terhadap keberadaan Thunder 125. Tidak dapat dipungkiri peran "OM Farhan" (sekaligus member TC 125 Indonesia) dalam mempromosikan Thunder 125 sangat bagus dengan slogannya yang merakyat "Ini Motor Gue", hal ini telah menancap ke benak masyarakat, terbukti ketika rekan2 TC 125 Indonesia sedang turing ke daerah terpencil (Bro Anton-056) bertemu dengan penduduk, sambil menepuk motor bro Anton berkata "ini motor gue", sebuah kampanye sederhana yang cukup brilyan !! salut buat team marketing Suzuki. Kombinasi Farhan - TC 125 Indonesia ... hemmm, kayaknya pas banget ya ?

4. Suzuki tidaklah perlu kuatir dengan keberadaan TC 125 Indonesia sebagai komunitas, karena TC 125 Indonesia tidak menyimpang dari identitas merk yang dibangun oleh Suzuki, yaitu "sebuah motor murah hemat yang handal dan bandel". TC 125 Indonesia senantiasa mengusung kesopanan dalam berkendara dan bahkan cenderung untuk mempengaruhi penguna jalan yang lain untuk ber"safety riding", berbagai kegiatan telah dilakukan. TC 125 Indonesia juga bukan gangster.

5. Peran milis tidak banyak diugkap disurvey tersebut, saya yakin sekali peran milis ini sangat penting buat Suzuki dan TC 125 Indonsia sendiri, karena melalui milis terjalin komunikasi antar pengguna Thunder, sayangnya peran Suzuki di milis ini kurang aktif berkontribusi. Tanpa milis ini saya yakin TC 125 Indonesia tidak berkembang secepat ini.

Baik, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Buat Pengurus TC 125 Indonesia, hasil survey tersebut merupakan marketing tools positif buat TC 125 Indonesia. Manfaatkan sebaik-baiknya buat kemajuan TC 125 Indonesia yag nantinya juga bermanfaat buat segenap member TC 125 Indonesia diseluruh tanah air. Ingat anda sudah menjadi EPIDEMI !!! harus bermanfaat. Jadikan TC 125 Indonesia juga bermanfaat buat masyarakat dimana chapter berdiri.
TC 125 Indonesia sangat berpotensi menjadi Organisasi yang profesional dan modern karena ditunjangan dengan infrastruktur, networking dan SDM yang dimiliki sekarang.

Buat Klub lain, belajarlah dari TC 125 Indonesia, TC 125 Indonesia dibangun dari kecil dengan semangat kebersamaan yang sangat sederhana. Dengan kesederhanaan TC 125 Indonesia bisa tumbuh cepat.
Semangat persaudaraan TC 125 Indonesia yang sebenar-benarnya sudah mengakar dihati, bukan semangat "perluasan wilayah", sehingga TC 125 Indonsia bisa sebesar ini.

Bravo TC 125 Indonesia !!!!

****banga pernah menjadi bagian didalamnya** **

written by : Djoko Santoso