Selasa, 16 Desember 2008

Art Director adalah .........

Seperti penggunaan bahasa Indonesia yang sering kali kurang baik dan benar, fungsi art director juga sering kali kurang baik dan benar. Daya tarik finansial dan emosional untuk terlibat dalam tim produksi iklan terkadang menghasilkan pekerja film yang asal jadi dan tidak berpengalaman. Karena kurangnya sumber daya manusia, dan sempitnya pengertian pihak-pihak yang terlibat dalam produksi mengakibatkan sebuah jabatan dalam tim produksi disepelekan.

Posisi art director, atau apapun juga, dianggap enteng; pekerjaan seorang art director 'disederhanakan' karena satu dan lain hal. Tanpa sadar, sebuah produksi menjadi korban inkompetensi anggota timnya.

Art Department merupakan bagian penting dari produksi. Sebuah tim art yang solid, dikomandani seorang art director, dilengkapi dengan prop masters handal bisa memberi nilai lebih (...atau kurang) pada sebuah produksi. Fungsi apakah yang seharusnya dijalankan seorang art director yang baik?
  • Seorang art director produksi harus menguasai seluk beluk produksi. Ia haruslah seorang kreatif yang bisa berinteraksi dengan director, bukan hanya mengenai mood/tone lewat referensi indah. Memahami proses produksi berarti mengerti bahwa warna yang digunakan sebuah gambar akan melalui proses colour grading di post production. Seorang art director yang kurang pengalaman (atau kurang komunikasi dengan directornya) bisa menghabiskan berjam-jam demi mendapatkan saturasi warna yang 'pas'; sesuatu yang bisa dicapai dengan mudah pada proses colour grading. Bukan berarti warna boleh asal jadi, tapi pemahaman ini bisa menjadi penyelamat saat krisis terjadi.
  • Pemahaman akan camera angle dan lensa juga diperlukan untuk menentukan besarnya set yang harus dibangun, atau ruangan yang harus didandani. Kita sering lupa kalau "mata" yang penting dalam pengambilan gambar adalah mata kamera, dan bukan mata kita. Yang menjadi perhatian haruslah gambar yang terlihat di kamera. Kalau kamera akan track, tentunya harus dilihat point awal dan akhir pergerakan kamera, dan pada titik mana set itu akan kelihatan.
  • Props bukan sekadar barang-barang untuk mengisi set, membuatnya kelihatan indah seperti layaknya dekor ruang pamer. Seorang art director yang baik bisa menjaga keseimbangan antara fungsi, estetika dan anggaran. Kesalahan yang umum terjadi bila sebuah prop harus fungsional, misalnya sebuah kereta raksasa yang harus didorong 10 orang. Pada saat seperti ini, seorag art director harus bisa menjadi insinyur (...atau bertanya pada seorang insinyur) supaya prop itu tidak hanya tampak indah, tapi bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
  • Fungsi insinyur seni akan sangat terasa saat produksi iklan shampoo, atau apapun yang berhubungan dengan produk rig. Mulai dari bagaimana sebuah produk diposisikan untuk memperoleh sudut tercantik, sampai membuat air terjun maha dashyat yang menyiram botol shampoo tanpa membuatnya terjungkal.
Kalau sudah begini, pengetahuan fisika dasar yang akan bicara, ditambah dengan akal sehat dan eksperimen (sebelum shooting) bersama dengan DOP dan director. DOP harus tahu disain dan teknis rig yang akan digunakan karena ia tahu lensa yang akan digunakan, kemungkinan posisi lampu, cutter dan lain-lain. Akal sehat yang sederhana mesti digunakan. Belum lagi kalau rig yang mesti digunakan membutuhkan kaca. Refleksinya! Aduh! Yang pusing bukan hanya art department, tapi juga DOP dan lighting.

Rig yang terkenal bikin pusing adalah rig untuk air. Pengalaman shooting di Amerika atau di Australia selalu mengesankan, karena semua rig yang digunakan telah melalui tes dan merupakan perwujudan engineering yang sesungguhnya.

Karena itu penting untuk dimengerti bahwa seorang Art Director/Production Designer bukan hanya punya selera yang bagus, dan pengetahuan warna yang di atas rata-rata. Ia juga harus punya akal sehat dan logika dalam bekerja dan mendisain. Kalau semua art director punya kemampuan yang komplet, semua art director akan jadi idaman. Mungkin APFII bisa menjembatani pelatihan dan meningkatkan kualitas art department kita. Susah memang, karena meski sederhana, akal sehat itu termasuk benda langka.